Khutbah Jumat Singkat Terbaru

Pondasi Agama

Mereka Yang Berhak Menerima Zakat Mal

Khutbah Pertama:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ اَلرَّزَّاقُ ذُوْ القُوَّةِ المَتِيْنِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ المَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِيْنٍ، فَبَلَّغَ الرِّسَالَةَ وَأَدَّى الأَمَانَةَ وَنَصَحَ الأُمَّةَ وَجَاهَدَ فِي اللهِ حَقَّ جِهَادِهِ حَتَّى أَتَاهُ اليَقِيْنُ، فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.

أَمَّا بَعْدُ:

أَيُّهَا المُؤْمِنُوْنَ عِبَادَ اللهِ: اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى؛ فَإِنَّ مَنِ اتَّقَى اللهَ وَقَاهُ، وَأَرْشَدَهُ إِلَى خَيْرٍ أُمُوْرٍ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ .

Ibadallah,

Khotib mewasiatkan kepada diri khotib pribadi dan jamaah sekalian agar senantiasa bertakwa kepada Allah Ta’ala. Karena hanya takwalah seseorang akan sukses dunia dan akhirat.

Ibadallah,

Sesungguhnya zakat mal adalah hak Allah pada hart akita. Allah mewajibkan seseorang untuk mengeluarkan zakat fitrah. Hukum ini berdasarkan keadilan dan kebijak-sanaan-Nya. Dan hukum ini memberikan kemanfaatan besar kepada orang-orang fakir. Allah Ta’ala berfirman,

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” [Quran At-Taubah: 103].

Dan orang-orang yang menerima zakat mal ini telah ditetapkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam kitab-Nya. Dan juga oleh Rasuliullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sunnahnya. Mereka terdiri dari delapan kelompok orang. Siapa yang menyerahkan zakat mal kepada mereka, mereka telah melakukan hal yang benar. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَاِبْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنْ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” [Quran At-Taubah: 60].

Delapan kelompok tersebut adalah sebagai berikut ini:

Pertama dan kedua: orang fakir dan miskin.

Fakir dan miskin keduanya adalah kelompok yang membutuhkan harta. Mereka masih memiliki harta, tapi apa yang mereka miliki tak mencukupi kebutuhan mereka. Dan standar seseorang disebut fakir dan miskin ini bisa berubah-ubah. Sesuai dengan kondisi waktu dan tempat. Hanya saja bedanya, orang yang fakir itu meminta. Sedangkan miskin tidak meminta-minta.

Tidak dikategorikan sebagai fakir dan miskin bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk mencari. Disebutkan dalam riwayat An-Nasai dari Abdullah bin Adi bin al-Khiyar, ia berkata,

أنَّ رجُلين حدَّثاه أنَّهما أتيَا رسولَ الله يسألانِه من الصَّدقةِ، فقلَّب فيهما النَّظرَ، فرآهما جَلْدَينِ، فقال: إنْ شِئتُما أَعطيتُكما، ولا حظَّ فيها لغنيٍّ، ولا لقويٍّ مُكتسِبٍ

Ada dua orang yang memberi tahu padaku bahwa mereka berdua menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meminta kepada beliau sedekah. Nabi melihat keduanya berpostur bugar. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Kalau kalian mau, kuberi pada kalian. Walaupun sebenarnya tidak ada bagian bagi orang yang mampu dan masih mampu mencari.”

Oleh karena itu, sah tatkala kita menyerahkan zakat mal kepada fakir dan miskin. Agar mereka mampu membeli sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dan perlu juga diketahui tidak mesti seorang janda dan yatim itu masuk kategori fakir dan miskin yang berhak menerima zakat. Bisa jadi mereka adalah orang-orang yang kaya karena mendapatkan waris. Atau ada kerabat yang menanggung kehidupan mereka.

Ketiga: Amil Zakat.

Mereka adalah pegawai pemerintah. Bukan sukarelawan seperti di tempat kita. amil zakat yang dimaksud dalam hal ini adalah mereka yang ditugaskan oleh pemerintah untuk mengambil zakat. Mereka menghitungnya. Lalu membagikannya kepada orang-orang yang berhak mendapatkannya. Inilah yang dimaksud amil dalam istilah syariat. Amil seperti ini juga berhak mendapat zakat.

Keempat: Muallaf.

Muallaf itu ada beberapa kategori. Kategori pertama: Bisa jadi mereka orang-orang non muslim yang merupakan tokoh di tengah masyarakatnya. Kalau diberikan zakat kepada mereka, diharapkan mereka akan memeluk Islam. Atau kalau diberikan kepada mereka, kejahatan mereka terhadap kaum muslimin akan berhenti.

Kategori kedua: mereka adalah orang-orang non muslim yang bukan merupakan tokoh di masyarakatnya. Namun diberikan kepada mereka, besar harapan mereka akan memeluk Islam.

Kategori ketiga: muslim yang lemah imannya. Mereka diberi zakat mal agar imannya menjadi kuat. Tidak mudah dimurtadkan. Atau mereka yang baru memeluk Islam, kehilangan mata pencarian dan keluarga yang menanggung mereka.

Kelima: Seorang budak.

Mereka adalah budak yang beragama Islam. mereka diberikan zakat mal agar bisa memerdekakan diri dari perbudakan.

Keenam: Orang yang punya utang.

Orang yang punya utang di sini adalah mereka yang terjerat utang karena sebab utang yang dibolehkan. Bukan utang karena kalah judi. Bukan utang karena riba. Mereka terjerat utang karena hal yang mubah dan tidak mampu melunasinya. Merekalah orang-orang yang berhak menerima zakat mal.

Ketujuh: Seorang musafir.

Mereka adalah musafir yang kehabisan perbekalan sehingga tidak mampu melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan. Mereka berhak diberi zakat mal yang mencukupi agar mereka bisa kembali ke tempat asal mereka.

Kedelapan: Orang yang berjihadi di jalan Allah.

Mereka adalah para mujahid sukarelawan. Bukan tantara resmi negara. sehingga mereka tidak mendapatkan gaji. Zakat mal diberikan kepada mereka agar mereka bisa melanjutkan jihadnya. Adapun mereka yang mendapatkan gaji bulanan dari pemerintah bukan termasuk kategori ini.

Kedelapan kelompok inilah orang-orang yang disebutkan oleh Allah Ta’ala dalam kitabnya sebagai orang-orang yang berhak menerima zakat mal. Karena itu, hendaknya orang-orang memperhatikan. Mereka yang menerima zakat mal itu sudah ditentukan. Kalau diserahkan selain dari ini, maka tidak dianggap sebagai zakat mal. Atau dia belum menunaikan zakat mal.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ، أَقُوْلُ مَا تَسْمَعُوْنَ، وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلَّ ذَنْبٍ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ؛ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ.

Khutbah Kedua:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا لَا مُنْتَهَى لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَلَا رَبَّ لَنَا سِوَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَمُجْتَبَاهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ.

أَمَّا بَعْدُ:

فَاتَّقُوْا اللهَ حَقَّ التَقْوَى، وَرَاقِبُوْهُ فِي السِرِّ وَالنَّجْوَى.

Ibadallah,

Di masyarakat kita terjadi kesalahan dalam penyaluran zakat mal ini. Mereka serahkan zakat mal mereka kepada pihak-pihak yang tidak berhak menerimanya. Bukan termasuk delapan kelompok yang disebutkan. Sehingga zakat mal mereka tidak sah. Dan mereka belum menunaikan zakat mal.

Di antara kesalahan dalam penyaluran zakat mal adalah diserahkan untuk pembangunan masjid. Atau menjadi kas masjid. Membeli mush-haf Alquran. Membayar utang orang yang sudah meninggal. Dipergunakan di jalan dakwah, dll. Ulama sepakat, hal-hal ini tidak sah sebagai zakat mal. Kalau ingin menyerahkan uang untuk hal-hal demikian, syariat membuka pintu yang lainnya. Bisa melalui sedekah atau infak. Bisa melalui wakaf, dll. Adapun zakat mal sudah ada ketentuan yang telah ditetapkan syariat.

Kemudian zakat mal juga tidak sah kalau diserahkan kepada orang-orang yang wajib dinafkahi. Seperti diberikan kepada anak. Atau kepada orang tua. Kepada istri. Ini berdasarkan kesepakatan ulama. Jangan Anda serahkan zakat kepada anak pengangguran yang orang tuanya mampu menafkahinya. Jangan juga kepada mereka yang nganggur-nganggur padahal mampu bekerja. Karena walaupun mereka tidak punya harta, mereka bisa menjual jasa agar mendapatkan upah.

Kaum muslimin,

Para sahabat nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memfatwakan. Zakat mal wajib dikeluarkan dari harta anak yatim yang mendapatkan warisan. Atau orang gila yang ada warisan. Tentu dengan syarat nishab dan haulnya terpenuhi.

Ibadallah,

Zakat mal itu sedikit, jangan sampai kita tidak menunaikannya. Ia hanya 2,5% dari harta yang disimpan, bukan harta yang dipakai. Itupun setelah tercukupi batas minimalnya atau nishobnya. Yaitu 20 dinar. Setara dengan 85 gr emas. Dan disimpan selama satu tahun. Artinya, kalau kita memiliki tabungan senilai 85gr emas. Selama setahun ke depan, kita masih memiliki uang senilai itu, maka wajib dikeluarkan 2,5% darinya.

Ibadallah,

Janganlah kita pelit. Allah lah yang membuat kita kaya dan berkecukupan. Kalau seandainya Dia menghendaki, Dia bisa membuat kita berkekurangan. Zakat mal adalah hak Allah dalam harta. Karena itu, Allah Ta’ala berfirman,

مَّن يَبْخَلُ وَمَن يَبْخَلْ فَإِنَّمَا يَبْخَلُ عَن نَّفْسِهِۦ وَٱللَّهُ ٱلْغَنِىُّ وَأَنتُمُ ٱلْفُقَرَآءُ وَإِن تَتَوَلَّوْا۟ يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُونُوٓا۟ أَمْثَٰلَكُم

“Dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang butuh (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini.” [Quran Muhammad: 38]

Allah Ta’ala juga berfirman,

وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

“Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” [Quran Al-Baqarah: 281]

أَلَا وَصَلُّوْا – عِبَادَ اللهِ – عَلَى رَسُوْلِ الهُدَى، فَقَدْ أمَرَكُمُ اللهُ بِذَلِكَ فِي كِتَابِهِ، فَقَالَ: ﴿إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا﴾ [الأحزاب: 56].

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَتِهِ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الخُلَفَاءِ الْأَرْبَعَةِ الرَّاشِدِيْنَ: أَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ، وَعُثْمَانَ، وَعَلِيٍّ، وَعَنِ الآلِ وَالصَّحْبِ الكِرَامِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِعَفْوِكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الكُفْرَ وَالكَافِرِيْنَ، وَدَمِّرِ اللَّهُمَّ أَعْدَاءَكَ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ، وَاجْعَلِ اللَّهُمَّ هَذَا البَلَدَ آمِنًا مُطْمَئِنًّا وَسَائِرَ بِلَادِ المُسْلِمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ كُنْ لِلْمُسْلِمِيْنَ المُسْتَضْعَفِيْنَ فِي كُلِّ مَكَانٍ، اَللَّهُمَّ كُنْ لَهُمْ مُؤَيِّدًا وَنَصِيْرًا وَظَهِيْرًا، اَللَّهُمَّ كُنْ لِلْمُسْلِمِيْنَ فِي حَلَبِ، وَفِي الشَامِ، وَفِي المَوْصُلِ، وَفِي العِرَاقِ، وَفِي فِلَسْطِيْنَ، وَفِي كُلِّ مَكَانٍ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ، اَللَّهُمَّ كُنْ لَهُمْ مُؤَيِّدًا وَنَصِيْرًا وَظَهِيْرًا، اَللَّهُمَّ إِنَّهُمْ جِيَاعٌ فَأَطْعِمْهُمْ، وَحُفَاةٌ فَاحَمْلَهُمْ، وَعُرَاةٌ فَاكْسُهُمْ، وَمَظْلُوْمُوْنَ فَانْتَصِرْ لَهُمْ، اَللَّهُمَّ إِنَّهُمْ مَظْلُوْمُوْنَ فَانْتَصِرْ لَهُمْ، اَللَّهُمَّ إِنَّهُمْ مَظْلُوْمُوْنَ فَانْتَصِرْ لَهُمْ.

اَللَّهُمَّ مَنْ أَرَادَهُمْ بِسُوْءٍ فَاجْعَلْ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ، وَاجْعَلْ تَدْبِيْرَهُ تَدْمِيْرَهُ يَا سَمِيْعَ الدُّعَاءِ، اَللَّهُمَّ شَتِّتْ شَمْلَ أَعْدَائِهِمْ، وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ، وَاجْعَلِ الدَائِرَةَ عَلَيْهِمْ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ مُنْزِلَ الكِتَابِ، مُجْرِيَ السَّحَابِ، هَازِمَ الأَحْزَابِ، اِهْزِمْ أَعْدَاءِ المُسْلِمِيْنَ، وَانْصُرْهُمْ عَلَيْهِمْ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ، يَا قَوِيُّ يَا مَتِيْنُ.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الجَنَّةَ، وَنَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ.

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا اَلَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا اَلَّتِي فِيْهَا مَعَاشُنَا، وَأَصْلِحْ لَنَا آخِرَتَنَا اَلَّتِي فِيْهَا مَعَادُنَا، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لَنَا فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَالْمَوْتَ رَاحَةً لَنَا مِنْ كُلِّ شَرٍّ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فَوَاتِحَ الخَيْرِ وَخَوَاتِمَهُ وَجَوَامِعَهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، وَظَاهِرَهُ وَبَاطِنَهُ، وَنَسْأَلُكَ الدَرَجَاتِ العُلَى مِنَ الجَنَّةِ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ أَعِنَّا وَلَا تُعِنْ عَلَيْنَا، وَانْصُرْنَا وَلَا تَنْصُرْ عَلَيْنَا، وَامْكُرْ لَنَا وَلَا تُمْكُرْ عَلَيْنَا، وَاهْدِنَا وَيَسِّرْ الهُدَى لَنَا، وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيْنَا.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَكَ ذَاكِرِيْنَ، لَكَ شَاكِرِيْنَ، لَكَ مُخْبِتِيْنَ، لَكَ أَوَّاهِيْنَ مُنِيْبِيْنَ.

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ تَوْبَتَنَا، وَاغْسِلْ حَوْبَتَنَا، وَثَبِّتْ حُجَّتَنَا، وَسَدِّدْ أَلْسِنَتَنَا، وَاسْلُلْ سَخِيْمَةَ قُلُوْبِنَا.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقمَتِكَ، وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ.

اَللَّهُمَّ ارْحَمْ مَوْتَانَا، وَاشْفِ مَرْضَانَا، وَتَوَلَّ أَمْرَنَا، وَاخْتِمْ لَنَا بِخَيْرٍ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا شَأْنَنَا كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنَا إِلَى أَنْفُسِنَا طَرْفَةَ عَيْنٍ.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ حُسْنَ الخِتَامِ، وَالعَفْوَ عَمَّا سَلَفَ وَكَانَ.

اَللَّهُمَّ ابْسُطْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِكَ وَرَحْمَتِكَ وَفَضْلِكَ وَرِزْقِكَ.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ يَا اللهُ، بِأَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَنْتَ الغَنِيُّ وَنَحْنُ الفُقَرَاءُ، اَللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا الغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ القَانِطِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ سُقْيَا رَحْمَةٍ لَا سُقْيَا عَذَابٍ وَلَا بَلَاءٍ وَلَا هَدَمٍ وَلَا غَرَقٍ.

اَللَّهُمَّ وَفِّقْ إِمَامَنَا لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُ لِهُدَاكَ، وَاجْعَلْ عَمَلَهُ فِي رِضَاكَ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ، وَوَفِّقْ جَمِيْعَ وُلَاةَ أُمُوْرِ المُسْلِمِيْنَ لِلْعَمَلِ بِكَتَابِكَ، وَتَحْكِيْمِ شَرْعِكَ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ.

﴿رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ﴾ [الأعراف: 23]، ﴿رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ﴾ [الحشر: 10]، ﴿رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ﴾ [البقرة: 201].

﴿إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ﴾ [النحل: 90].

فَاذْكُرُوْا اللهَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.

Oleh tim KhotbahJumat.com
Artikel www.KhotbahJumat.com

Print Friendly, PDF & Email

Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28