Hari Jum’at sangatlah istimewa dan indah. Di hari tersebut, yang merupakan hari raya ketiga bagi ummat Islam (setelah Idul Fithri dan Idul ‘Adha) seluruh ummat Islam berkumpul meramaikan masjid-masjid, terutama bagi kaum adam. Apa pasal? Pasalnya dikarenakan di hari tersebut kaum Adam telah diwajibkan untuk menunaikan shalat Jum’at secara berjama’ah di masjid-masjid.

Mengerjakan shalat Jum’at tidaklah susah, tidak ada bedanya dengan shalat pada hari-hari biasa hanya saja sekedar lebih lama karena mendengarkan ceramah sebelum melaksanakan shalat. Itu bagi para makmum. Adapun bagi yang kebagian jadwal menjadi khatib, hari Jum’at bisa menjadi sebuah hari yang menegangkan, utamanya karena dua hal: pertama, tidak tahu materi apa yang perlu disampaikan, dan kedua, karena tidak tahu teknik menyampaikan khutbah yang baik.

Untuk mengatasi masalah yang pertama, alhamdulillaah khotbahjumat.com sudah menyediakan banyak sekali materi yang insyaaAllah bisa menjadi inspirasi Anda dalam menemukan materi khotbah Jum’at yang menarik dan padat berisi. Adapun untuk mengatasi masalah yang kedua, teknik menyampaikan khutbah yang baik, insyaaAllah Anda bisa mendapat solusinya di website Islamic Download Network (ISDN).

Belajar Khutbah Jum’at Dari Rekaman

ISDN adalah website Islamic Download Center terbesar di Indonesia (setahu kami) yang menyediakan berbagai macam file Islami, dengan arsip data sebesar 60 Gigabytes dan traffik bulanan mencapai 6 Terabytes. Di antara file koleksi ISDN adalah kumpulan berbagai MP3 rekaman khutbah Jum’at yang bisa Anda akses di halaman berikut.

Pada halaman tersebut tersedia contoh khotbah-khotbah Jum’at berbeda dari berbagai ustadz yang bisa Anda download dan dengarkan, di antaranya rekaman khutbah dari:

  • Ust. Dr. Firanda Andirja, MA
  • Ust. Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc
  • Ust. Abdullah Zaen, Lc, MA
  • Ust. Ahmad Zainuddin, Lc
  • Ust. Badrussalaam, Lc
  • Ust. Muhammad Nuzul Dzikri, Lc
  • Ust. Maududi Abdullah, Lc
  • Ust. Ja’far Umar Thalib
  • Ust. Ahmad MZ
  • Ust. Abu ‘Isa Abdullah bin Salam
  • Ust. Abdullah Shalih Hadrami

Yang perlu Anda perhatikan sebagai khatib adalah, simak bagaimana contoh penyampaian khutbah yang baik pada rekaman-rekaman yang disajikan tersebut. Perhatikan bagaimana cara memakai intonasi yang tepat, cara menyampaikan dalil yang memikat dan cara pemilihan bahasa yang sesuai pada rekaman-rekaman yang Anda dapatkan di halaman tersebut.

Pelajari beberapa kali, perhatikan setiap detailnya, dan bayangkan Anda sebagai khatib melakukan hal yang sama. Tidak ada salahnya juga belajar mempraktekkannya di depan cermin, sehingga Anda akan lebih menjiwai dan sedikit dapat lebih membayangkan suasana saat harus berkhutbah nanti. Dengan melakukan latihan rutin seperti ini, insyaaAllah skill khutbah Anda akan terus meningkat, menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulannya, Anda tertarik mengupgrade kemampuan khotbah Jum’at? Silakan kunjungi arsipnya sekarang.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.