Khutbah Jumat Singkat Terbaru

Nasehat

Tangisan Rasulullah ﷺ

Khutbah Pertama:

إنَّ الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم( يَآ أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُواْ اتَّقُواْ اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاْ تَمُوتُنَّ إِلاّ وَأنتُمْ مُسلِمُونَ )

أما بعد :

Ibadallah,

Sesungguhnya memikirkan tingkah polah manusia akan membuat hati kita menjadi keras. Menipisnya rasa takut pada hari kiamat. Menimbulkan pengaruh pada hati. Menimbulkan kelalaian yang menorehkan noda hitam di hati. Dan ketahuilah sesuatu yang paling membuat hati ini menjadi lembut adalah tangisan.

Tangisan itu buka tanda kelemahan. Bahkan Allah ﷻ memuji tangisan-tangisan para rasul-Nya.

إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَٰنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا

“Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS:Maryam | Ayat: 58)

Allah ﷻ memuji hamba-hamba-Nya yang berima yang menagis karena mendengar atau membaca firman-Nya.

إِذَا يُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ سُجَّدًا

“Apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud.” (QS:Al-Israa’ | Ayat: 107).

Tangisan-tangisan selain ini hukumnya mubah, tidak dilarang. Dengan catatan, tangisa tersebut bukan karena tidak ridha dengan takdir Allah ﷻ. Karena Nabi ﷺ bersabda,

إِنَّ اللَّهَ لاَ يُعَذِّبُ بِدَمْعِ العَيْنِ، وَلاَ بِحُزْنِ القَلْبِ، وَلَكِنْ يُعَذِّبُ بِهَذَا – وَأَشَارَ إِلَى لِسَانِهِ – أَوْ يَرْحَمُ

“Allah tidak menyiksa disebabkan tetesan air mata atau kesedihan hati. Namun Allah menyiksa atau merahmati disebabkan ini, –beliau berisyarat ke lisannya-.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Sekarang, mari kita simak kehidupan Rasulullah ﷺ. Kehidupan beliau penuh dengan kasih dan kelembutan terhadap orang lain. Penuh cinta dan sayang. Bersamaan dengan itu beliau juga memiliki rasa takut kepdaa Allah ﷻ. Rasa takut yang dapat mempengaruhi kita. Sehingga hati kita bergetar dan mata menjadi basah.

Mari kita menangis bersama Rasulullah ﷺ. Beliau ﷺ bersabda,

ابك على خطيئتك

“Tangisilah dosa-dosamu.”

Kemudian beliau ﷺ juga bersabda,

سبعة يظلهم الله تبارك وتعالى بظله يوم لا ظل الا ظله . ( عينان لا تمسهما النار وعين بكت من خشية الله )

“Ada tujuh golongan yang mendapat naungan Allah Tabaraka wa Ta’ala, padah ari tidak ada naungan kecuali naungan dari-Nya: (di antara mereka) dua mata yang tidak disentuh api neraka, mata yang menangis karena takut kepada Allah.”

Nabi ﷺ adalah sosok yang lembut hatinya. Beliau mudah menangis ketika mendengar bacaan Alquran. Pada suatu hari, Nabi ﷺ bersama Abdullah bin Mas’ud. Beliau bersabda,

اقْرَأْ علَّي القُرآنَ ” فقرَأْتُ عليه سورَةَ النِّساء ، حتى جِئْتُ إلى هذِهِ الآية : { فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَىٰ هَٰؤُلَاءِ شَهِيدًا

}  قال ” حَسْبُكَ الآن ”  فَالْتَفَتَّ إِليْهِ ، فَإِذَا عِيْناهُ تَذْرِفانِ . رواه البخاري ومسلم

“Bacakan Alquran untukku.”

Abdullah bin Mas’ud berkata, “Aku pun membacakan untuk beliau surat An-Nisa. Saat bacaanku sampai ayat: “Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).” (QS:An-Nisaa | Ayat: 41). “Cukup”, kata beliau. Kulihat kedua matanya telah basah (menangis).”

Ibnu Battal mengatakan, “Beliau ﷺ menangis pada ayat tersebut karena teringat keadaan beliau nanti pada hari kiamat. Betapa beratnya keadaan seorang Nabi sebagai seorang da’i, ketika menemui umatnya menjadi saksi bagi orang-orang yang beriman dan membenarkan beliau.

Rasulullah ﷺ menangis sebagai bentuk kasih sayang kepada umatnya. Beliau takut kalau umatnya mendapatkan adzab dari Allah. pada suatu hari beliau ﷺ membaca ayat:

إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ ۖ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS:Al-Maidah | Ayat: 118).

Beliau mengangkat kedua tangannya dan berdoa, “Ya Allah, umatku, umatku”. Kemudian beliau menangis. Allah berfirman, “Wahai Jibril pergilah menemui Muhammad, dan Rabbmu lebih mengetahui, tanyakan apa yang membuatnya menangis?”

Jibril pun datang. Rasulullah ﷺ memberitahukan padanya. Kemudian Jibril kembali kepada Allah. Allah berfirman, “Wahai Jibril kembalilah menemui Muhammad dan katakan padanya Kami akan membuatmu ridha tentang umatmu. Dan Kami tidak akan menyedihkanmu’.”

Nabi ﷺ menangis, khawatir tentang keadaan umatnya. Beliau bersedih kalau-kalau umatnya menjadi penghuni neraka.

Diriwayatkan dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah ﷺ menunaikan shalat malam di suatu malam. Beliau bersabda,

يَا عَائِشَةُ ذَرِينِي أَتَعَبَّدُ اللَّيْلَةَ لِرَبِّي

“Wahai Aisyah…, biarkanlah aku beribadah kepada Rabku malam ini.”

Kemudian beliau bersuci dan mengerjakan shalat. Beliau menangis hingga membasahi panggkuannya. Dan beliau terus menangis sampai air matanya mengalir di janggutnya. Tangisnya terus mengalir hingga menetes di lantai. Kemudian Bilal radhiallahu ‘anhu datang mengumandangkan adzan shalat subuh. Ketika Bilal melihat beliau menangis, ia berkata, “Wahai Rasulullah, Anda menangis, padhaal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?” Beliau menjawab,

أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا، لَقَدْ نَزَلَتْ عَلَيَّ اللَّيْلَةَ آيَةٌ، وَيْلٌ لِمَنْ قَرَأَهَا وَلَمْ يَتَفَكَّرْ فِيهَا

“Tidakkah aku tidak menjadi hamba yang bersyukur?, sungguh telah turun kepadaku malam ini sebuah ayat, celaka orang yang membacanya dan tidak merenungkannya.”

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لأولِي الألْبَابِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal….” (QS Ali Imron : 190 dst) (HR Ibnu Hibbaan dalam shahihnya no 620, dishahihkan oleh Al-Albani dalam As-Shahihah no 68 dan juga oleh Syu’aib Al-Arnauuth).

Dalam satu sisi, kehidupan Nabi ﷺ sama seperti manusia biasa. Beliau mendapati kerabatnya wafat. Sahabat-sahabat beliau wafat di hadapan beliau. Namun kehidupan beliau lebih sempurna dibanding manusia lainnya, dalam beribadah dll. Akan tetapi beliau tetap menangis. Sebagai bentuk kasih terhadap para sahabatnya. Khawatir tentang keadaan umatnya di akhirat. Dan paling berserah diri kepada takdir Allah.

Nabi ﷺ menemui Saad bin Muadz radhiallahu ‘anhu yang menderita luka parah di Perang Khandaq. Nabi ﷺ menangis. Ketika orang-orang melihat beliau menangis, mereka pun ikut menangis. Nabi ﷺ bersabda,

أَلاَ تَسْمَعُونَ إِنَّ اللَّهَ لاَ يُعَذِّبُ بِدَمْعِ العَيْنِ، وَلاَ بِحُزْنِ القَلْبِ، وَلَكِنْ يُعَذِّبُ بِهَذَا – وَأَشَارَ إِلَى لِسَانِهِ – أَوْ يَرْحَمُ، وَإِنَّ المَيِّتَ يُعَذَّبُ بِبُكَاءِ أَهْلِهِ عَلَيْهِ

Tidakkah kalian mendengar, bahwa Allah tidak menyiksa disebabkan tetesan air mata atau kesedihan hati. Namun Allah menyiksa atau merahmati disebabkan ini, – beliau berisyarat ke lisannya -. Sesungguhnya mayit disiksa disebabkan tangisan keluarganya kepadanya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Setelah Perang Uhud usai, Nabi ﷺ mencari paman beliau Singa Allah, Hamzah bin Abdul Muthalib radhiallahu ‘anhu. Beliau dapati pamannya telah terbunuh syahid di Lembah Uhud dalam keadaan yang tidak wajar, beliau ﷺ menangis. Abdullah bin Mas’ud berkata, “Kami tidak pernah melihat Rasulullah ﷺ menangis dengan tangisan yang dalam, melebihi tangisan beliau ketika kematian Hamzah bin Abdul Muthalib. Beliau meletakkanya menghadap kiblat kemudian menyalati jenazahnya. Beliau menangis begitu pilu hingga benar-benar dikuasai dengan tangisannya.

Nabi ﷺ adalah seorang anak yatim piatu. Beliau meminta izin kepada Allah untuk menziarahi makam ibu beliau. Dan Allah mengizinkannya dan melarang beliau dari memohonkan ampunan. Beliau datang ke kubur ibunda beliau. Kemudian menangis dengan tangisan yang dalam sampai-sampai membuat orang di sekitarnya pun ikut menangis karena kesedihan beliau. Setelah itu beliau bersabda,

زوروا القبور فإنها تذكر الموت

“Ziarahilah kubur! Karena hal itu mengingatkan akan kematian.”

Nabi ﷺ pun menangis ketika anak beliau, Ibrahim, wafat. Dengan tetesan air matanya, beliau bersabda,

إِنَّ الْعَيْنَ تَدْمَعُ، وَالْقَلْبَ يَحْزَنُ، وَلاَ نَقُوْلُ إِلاَّ مَا يَرْضَى رَبُّنَا، وَإِنَّا بِفِرَاقِكَ يَا إِبْرَاهِيْمُ لَمَحْزُونُوْنَ

“Sesungguhnya mata menangis dan hati bersedih, tetapi tidak ada yang kita ucapkan kecuali apa yang diridhai oleh Rabb kita. Sesungguhnya perpisahan kami denganmu wahai Ibrahim, sungguh menyedihkan.” (HR. Bukhari, Muslim, dan selain keduanya).

Ibadallah,

Pada pembagian ghanimah seusai dari Perang Hunain, sahabat Anshar merasa keberatan dengan kebijakan beliau dalam membagi ghanimah. Kemudian beliau mengumpulkan sahabat Anshar lalu berbicara kepada mereka. Beliau bersabda, “Tidakkah kalian ridha, orang-orang (Mekah) kembali dengan ghanimah beripa kambing, materi, dan hewan-hewan tunggangan, sementara kalian pulang (ke Madinah) bersama Rasulullah”? Beliau menyambung ucapannya, “Jawablah pertanyaanku. Tidakkah kalian berbicara”?

Mereka menjawab, “Dulu Anda datang kepada kami dalam keadaan tidak aman, kami jamin keamanan Anda. Anda diusir, kami menyediakan tempat untuk Anda. Anda dihina, kami tolong Anda.” Mereka mengatakan, “Sesungguhnya (kedatangan Anda) Allah memberi karunia kepada kami dengan rasul-Nya. Ini adalah keutamaan atas kami melebihi orang-orang selain kami.” Kemudian mereka menangis. Dan semakin banyak orang-orang menangis. Rasulullah ﷺ pun menangis haru.

Sahabat yang utama, da’i pertama dalam Islam, Mush’ab bin Umair radhiallahu ‘anhu. Dulu, sewaktu di Mekah, ia bergelimang dengan kenikmatan karena ia anak seorang yang kaya. Saat hijrah ke Madinah, ia bertahan dalam keadaan miskin. Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu berkata, “Ketika kami sedang duduk-duduk di masjid, saat itu muncul Mush’ab bin Umair. Ia hanya memiliki kain burdah. Rasulullah ﷺ menangis melihat pemandangan tersebut. Teringat akan keadannya di Mekah yang penuh dengan kenikmatan. Dan sekarang berbanding terbalik dari hal itu.

اقول ماسمعتم واستغفر الله لي ولكم .

Khutbah Kedua:

الحمد لله وحده والصلاة على من لانبي بعده

Ibadallah,

Kondisi akhir-akhir ini, saudara-saudara kita kaum muslimin di belahan negeri yang lain tengah mengalami kesulitan. Mereka ditekan dan dibnuh. Mereka mengalami musibah dan ujian. Sekutu negara-negara kafir menguasai mereka. Kita mengingat keadaan Nabi kita dahulu. Musibah, kesedihan, dan derita ini juga menimpa Nabi kita Muhammad ﷺ dan para sahabatnya dulu. Bahkan dalam banyak tempat dan keadaan. Mereka tidak sedikitpun lemah dan kendur. Mereka terus berpegang pada agama ini.

Dalam Perang Badar, Nabi ﷺ menangis. Beliau khawatir kalau perang tersebut adalah akhir cerita dari orang-orang yang beriman. Karena pasukan yang dihadapi sama sekali tidak imbang. Baik dari sisi persiapan perang dan jumlah pasukan. Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu berkata, “Sungguh kami melihat semua orang tertidur kecuali Rasulullah ﷺ. Beliau bermunajat di bawah pohon. Shalat dan menangis hingga pagi.

Dalam kisah yang lain, ada sekelompok orang datang kepada Nabi ﷺ. Mereka berkata, “Utuslah bersama kami seseorang yang mengajarkan kami Alquran dan sunnah.” Rasulullah pun mengutus 70 orang sahabat Anshar yang disebut sebagai al-Qurra (ahli Alquran). Di antara mereka ada pamanku yang bernama Haram.

Haram bin Milhan berangkat bersama rombongannya dengan membawa surat Rasulullah ﷺ untuk musuh Allah, Amir bin ath-Thufail. Kemudian 70 orang utusan Nabi ﷺ dibunuh. Rasulullah ﷺ bersedih dengan kesedihan yang mendalam. Beliau sangat terluka dengan pembunuhan para sahabatnya di Bi’ru Ma-unah. Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu mengatkana, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah bersedih sebagaimana kesedihan beliau dengan apa yang terjadi pada mereka (pembantaian para sahabat di Bi’ru Ma-unah).” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Dalam Perang Mu’tah, bertemulah dua pasukan besar. Rasulullah ﷺ mendapat kabar wahyu dan bersabda,

أخذ الراية زيد فأصيب، ثم أخذها جعفر فأصيب، ثم أخذها عبد الله بن رواحة فأصيب، ثم أخذها سيفٌ من سيوف الله، ففتح الله على يديه”. ومن يومئذٍ سُمِّي “سيف الله”،.

“Bendera perang dibawa oleh Zaid lalu berperang hingga syahid. Kemudian bendera diambil oleh Ja’far dan berperang hingga syahid. Setelah itu, bendera perang dibawa oleh pedang di antara pedang-pedangnya Allah (saifullah –yakni Khalid bin Walid-) hingga Allah memenangkan kaum muslimin.”

Inilah potongan kisah kehidupan Nabi ﷺ. Apakah kita, yang mengaku mencintai Nabi ﷺ akan menangis apabila mengingat beliau?

Sebagian orang ada yang menangis ketika kehilangan bagian dari dunia. Berupa harta dan jabatan. Ada pula yang menangis dengan wafatnya kerabat mereka. akan tetapi tidak menangis ketika mengingat keadaan Rasulullah ﷺ.

Di antara kita ada yang menangis, apabila dipanggil oleh olahragawan atau artis idolanya. Tapi ia tidak menangis dan bergetar haru hati mereka tatkala ribuan saudara-saudaranya dari kalangan kaum muslimin dibunuh.

عباد الله:(إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما) اللهم صلِّ على محمد وعلى آله وأزواجه امهات المؤمنين والصحابة اجمعين ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدين .

اللهم أعز الإسلام والمسلمين، وأذل الشرك والمشركين ،

، اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرَضِينَ وَرَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيكَهُ

نَسْأَلُكَ فَرَجًا مِنْ عِنْدِكَ لِإِخْوَانِنَا الْمُسْتَضْعَفِينَ فِي حَلَبَ

وَفِي سَائِرِ الشَّامِ وَالْيَمَنِ وَالْعِرَاقِ وَفِي كُلِّ بَلَدٍ يُذَلُّ فِيهِ أَهْلُ دِينِكَ. اللَّهُمَّ فَرِّجْ كَرْبَهُمْ، وَارْحَمْ ضَعْفَهُمْ، وَاجْبُرْ كَسْرَهُمْ، وَتَوَلَّ أَمْرَهُمْ، وَأَدِرْ دَوَائِرَ السُّوءِ عَلَى أعدائك وأَعْدَائِهِمْ.

اللَّهُمَّ عَلَيْكَ بِالْبَاطِنِيِّينَ وَالصَّلِيبِيِّينَ وَمَنْ عَاوَنَهُمْ عَلَى

ظُلْمِهِمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ. اللَّهُمَّ اخْضُدْ شَوْكَتَهُمْ، وَشَتِّتْ شَمْلَهُمْ، وَارْفَعْ أَمْنَهُمْ، وَأَعِدْهُمْ إِلَى ذُلِّهِمْ وَهَوَانِهِمْ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْمُؤْمِنِينَ عَلَيْهِمْ.اللهم وفق ولي أمرنا لما تحب وترضى وخذ بناصيته للبر والتقوى ،وانصر به دينك واقهربه عدوك يا رب العالمين ، اللهم مجري السحاب هازم الأحزاب اجعل الدائرة لعبادك المرابطين على ثغور بلاد الحرمين , اللهم انصر جنودنا عسكر الإسلام والسنة ، اللهم قوِّ عزائمهم , وصوِّب رميهم , وأمدهم بمدد من عندك , اللهم اشف مريضهم , واجبر كسيرهم, ويسِّر عسيرهم , ومنَّ عليهم بفتح مبين .

اللهم تابع علينا خيراتك، اللهم اجعل ما أنزلته صيبا نافعاً، وعطاء مشفوعاً برضى، اللهم وزدنا بغيثك المدرار ، اللهم أنت الله لا إله إلا أنت، أنت الغني ونحن الفقراء إليك أنزل علينا الغيث ولا تجعلنا من القانطين. اللهم أغثنا، اللهم أغثنا، اللهم أغثنا غيثا مغيثا، سحا طبقاً، عاجلاً غير آجل، تسقي به البلاد وتنفع به العباد، وتجعله زاداً للحاضر والباد يا ذا الجلال والإكرام

وقوموا الى صلاتكم .

Oleh tim KhotbahJumat.com
Artikel www.KhotbahJumat.com

Print Friendly, PDF & Email

Belajar Iqro Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28